Home » » Cara mudah menangkarkan gelatik jawa

Cara mudah menangkarkan gelatik jawa

Written By Admin on Wednesday 23 October 2013 | 16:35

Setelah membaca artikel Om Kicau terdahulu mengenaiburung gelatik jawa, mungkin Anda makin tertarik dengan burung ini dan berniat menangkarkannya.  Sekarang Om Kicau akan memberikan panduan dan tips penangkaran gelatik jawa yang notabene merupakan burung asli dari Pulau Jawa.
Langkah pertama, tentu saja harus memiliki minimal sepasang burung gelatik jawa (Padda oryzivora) dewasa atau siap kawin. Pastikan burung betina berusia 1 tahun lebih, agar kualitas anakan lebih terjamin dan jumlah telur mencapai standar, yaitu 5-6 butir per periode peneluran.
Selain itu, pilihlah pasangan induk yang dalam keadaan tidak mabung atau menunjukkan tanda-tanda akan mabung.
Induk yang siap kawin bisa dilihat dari perilakunya. Induk jantan, misalnya, akan sering berkicau dan lebih aktif di dalam kandang. Kedua induk akan merobek kertas koran yang kita sediakan di lantai kandangnya.
Salah satu karakteristik menyolok dari gelatik jawa adalah penampilannya yang menjadi rapi, bulu-bulu menjadi rapat dan mulus, ketika berada dalam kondisi berkembang biak.
Langkah kedua, menyiapkan kandang. Tak ada batasan mengenai penggunaan kandang yang cocok. Model kandang bisa berupa kandang soliter (untuk sepasang induk), kandang koloni / ombyokan (untuk beberapa pasangan induk), maupun kandang aviary / umbaran terbuka.
Pola penangkaran burung gelatik jawa



Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Burung Gelatik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger