Home » » Penagkaran gelatik wingko

Penagkaran gelatik wingko

Written By Admin on Thursday 17 October 2013 | 22:06

penangkaran gelatik wingko
K
icauan burung gelatikwingko (Parus cinereus cinereus) kini sudah jarang lagi terdengar di pekarangan rumah atau lahan perkebunan seperti beberapa tahun lalu. Apa sebabnya, Anda tentu sudah bisa menebaknya sendiri. Ya, karena laju pertumbuhan populasi di alam liar tak sebanding dengan jumlah gelatik wingko yang ditangkap untuk dipelihara atau diperjualbelikan. Nasib gelatik wingko tak jauh berbeda dari burung ciblek,pleci, dan gelatik jawa. Jika kita masih menginginkan anak-cucuc kelak bisa memelihara gelatik wingko, maka penangkaran harus dilakukan sejak sekarang, Bagaimana cara penangkarannya, ikuti panduan Om Kicau berikut ini.
g
Gelatik wingko merupakan burung yang mudah ditangkarkan, seperti halnya burung kenari. Produktivitas indukan juga tinggi. Di alam liar pun, rentang waktu masa berbiaknya lebih lama daripada beberapa jenis burung lainnya.
Di beberapa negara, beberapa kerabat dekat dari gelatik wingko seperti gelatik batu sejati (Parus major) kerap “dipelihara” secara alami. Burung bebas berkeliaran di halaman, dan sesekali terbang ke taman kota atau ke tempat lain yang disukai. Mereka akan kembali ke pekarangan rumah untuk makan, karena sang pemilik rumah selalu menyediakan feeder berisi makanan, terutama pada pagi dan sore hari.
Gelatik batu sejati di Inggris, misalnya, umumnya bersarang di halaman rumah karena pemilik rumah menyediakan tempat bersarang. Penangkaran alami ini bahkan tidak butuh waktu lama. Dalam beberapa hari, kotak sarang tersebut sudah terisi dengan penghuninya yang baru, yaitu induk gelatik dan telur-telur yang dihasilkannya.
Sifat dan karakter burung yang termasuk dalam genus Parus memang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan manusia. Demikian pula dengan tiga spesies gelatik batu yang ada di Indonesia, termasuk gelatik wingko. Dengan mental dan keberaniannya, tidaklah sulit untuk menangkarkan burung ini.


sumber
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Burung Gelatik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger