Home » » Panduan membedakan gelatik jawa jantan dan betina

Panduan membedakan gelatik jawa jantan dan betina

Written By Admin on Wednesday 23 October 2013 | 16:04

Gelatik jawa (Padda oryzivora)adalah burung monomorfik atau sulit dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan bentuk tubuh. Makanya banyak pemula yang bingung cara membedakan gelatik jawa jantan dan betina. Meski demikian, ada beberapa petunjuk yang bisa kita gunakan untuk membedakan jenis kelamin burung tersebut.
Dalam sebuah artikel di salah satu website mancanegara dijelaskan, burung gelatik jawa atau sering disebut juga  java sparrow/java finch sebenarnya bisa dibedakan jenis kelaminnya melalui pengamatan lingkar mata, warna paruh, dan suaranya.
1. Pengamatan lingkar mata
Pada gambar 1 terlihat lingkar mata burung jantan lebih tebal daripada lingkar mata burung betina. Pengamatan menjadi lebih mudah apabila ada dua ekor burung atau lebih.
GAMBAR 1: LINGKAR MATA JANTAN LEBIH TEBAL, WARNA PARUHNYA JUGA TERLIHAT LEBIH MENYALA /  MERAH-TUA
2. Pengamatan warna paruh
Pada gambar 2 (pengamatan dari atas) terlihat paruh burung jantan berwarna lebih menyata (merah tua) daripada burung betina yang berwarna merah terang. Sekali lagi, pengamatan menjadi lebih mudah dilakukan jika kita melakukannya terhadap dua ekor burung atau lebih.
GAMBAR 2: PENAMPANG ATAS PARUH JANTAN DAN BETINA
Perbedaan warna paruh ini makin kentara pada burung gelatik jawa yang sudah mengalami mutasi warna. Sekarang lihat gambar 3 di bawah ini. Warna paruh gelatik jawa jantan terlihat lebih kontras ketika dibandingkan dengan betinanya.
GAMBAR 3: PARUH BURUNG ORIGINAL (ATAS) DAN PARUH BURUNG YANG MENGALAMI MUTASI WARNA
3. Mendengarkan suaranya
Perbedaan yang nampak jelas tentu ketika kita mendengar suara yang dilagukannya. Gelatik jawa jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi, sedangkan burung betina monoton.



Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Burung Gelatik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger